LuscaDaily.com

About Our Life

test

Rabu, 21 September 2011

Hal - hal yang terpenting bagi seorang pengusaha warnet ( 7 hari melawan virus RAMNIT ) part 1 : tutorial hiren boots

Penderitaan lah yang membuat ku bisa bertahan sampai sekarang dan lewat penderitaan maka hidup ku penuh arti dan bermakna ... kita boleh mengeluh "wajar" karena kita manusia bukan seorang " malaikat " , namun keluhan kita itu hanya sesaat agar rasa buntu di dalam hati kita dapat " Lega " . keluhan ku itu mengenai masalah-masalah warnet yang semula aku kira gampang di selesaikan namun terasa berat saat di jalani. Setahun sejak bulan juli 2009 telah lahir " ALIPH-NET " ,, seperti sebuah bentuk mimpi yang jadi kenyataan.
ALIPH-NET berasal dari kata A = Alya , L = Lukman , I=iwan , P = puput , H=helmy sebagai sebuah bentuk simbolisasi persatuan antar kami bersaudara.ALIPH-NET semula pernah mempunyai kandidat nama yaitu " click-net , harmony net , lukz net ".

Semula ALIPH-NET mengandalkan teknisi sebagai " maintenance " nya , karena sering rusak , ALIPH-NET pun semakin sering memanggil teknisi sehingga semakin sering pula uang yang di keluarkan ... apabila di hitung-hitung mungkin uang maintenance itu dapat di belikan " sesuap nasi " fikir saya ,  namun internal ALIPH-NET menilai saya kurang kredibel karena kemarin-kemarin ketika saya ingin mencoba memperbaiki selalu ada halangan dan rintangan ,, ketika saya punya installer winXP , namun hirenboots saya rusak ... dan ketika saya memiliki kedua nya , kabel sata saya pun juga rusak , sehingga skill saya seperti " terpending " oleh tuhan ... dan internal ALIPH-NET yang rata-rata kerjaan nya mau cepat malah menilai saya lambat dan berkata " Kalau tidak bisa lebih baik tidak usah , cari yang lain aja " padahal saya bisa kalau alat nya komplite... sehingga hal itu seperti menyebutkan kata yang lupa a.k.a " serasa di ujung lidah " hehehe ..

kemudian saya mulai berteman dengan orang-orang IT , selain menjalin silaturahmi dan saya pun dapat ilmu dari mereka a.ka " kalau berteman dengan orang jual minyak wangi maka akan ketularan wangi juga " hihihihi ... kebetulan ini harum nya semerbak mewangi ... sehingga saya ingin menyebarkan segar nya keharuman untuk dunia :)

langsung saja ...

saya kemarin kena VIRUS ramnit ... mau tau apa itu virus ramnit ?baca disini : Apa itu virus Ramnit ... Ramnit itu kejam banget ,,, dia itu menghancurkan seluruh file yang berekstensi .exe .. ciri - ciri nya ada lihat disini : , kemarin warnet saya kena , khusus nya file - file di operator corrupt semua ... game online pun sering DC terus , memory nya low padahal tidak ada aktifitas yang terjadi , dan setiap kali kita colok flashdisk ( ciri utama ) maka akan ada 4 folder shortcut (1) s/d (4) .

karena virus ini saya mendapatkan 3 ilmu sekaligus yang berguna untuk maintenance warnet secara pribadi yaitu   :

HIREN BOOTS

 Hirens boots  :  yaitu suatu sistem pengcloningan hardisk agar bisa lebih effisien dan hemat waktu untuk mencopy data master hardisk yang sehat ( bebas dari virus) , kalau install satu - satu kan repot dan memakan waktu yang lama , belum lagi copy data hardisk ( seperti game online ) atau install driver-driver .

Bahan  yang saya pakai   : 

- Hirenboots 9
- Master hardisk yang sehat ( bebas virus )
- 2 kabel SATA buat hardisk , satu nya buat hardisk master satu nya buat hardisk kloningan
- 1 kabel power SATA tambahan kalau di PSU nya , kabel power nya tidak cukup
- CD-drive
gambar kabel SATA ( atas )
Gambar kabel power SATA ( atas )

langkah - langkah nya  :

1 ) Jangan langsung di ghost !tapi harus partisi dulu ,  kenapa ?nanti saya jelaskan ...

2) Colok hardisk kloningan ( bukan master ) ke slot SATA beserta kabel power nya ,

3) Colok CD-drive beserta kabel power nya

4)  ubah settingan priority booting nya agar booting dari CD-room ( klik F12 ) pilih CD room dan setting bios nya

first boot        : CD room
Second boot  : hardisk
Third boot      : CD room

5) setelah itu tekan F10 untuk save setting

6) masukkan CD hiren boots dan booting dari windows

7) setelah itu pilih start boot CD ( agar kita harus menyiapkan data master hardisk yang telah di install ulang bersih semua partisi nya ...

8)pilih nomer 1. ( partition tools )-pilih paragon partition manager ( kenapa paragon partition manager ?  karena saya lebih familiar sama paragon hihihihi

9)tunggu saja sampai muncul tampilan partition manager , apabila ada pilihan jangan di klak-klik

10)nah sekarang muncul tampilan paragon partition manager nya

11)delete primary sama logical drive nya ( pilih drive klik delete lalu OK )... dengan menggunakan klik tab pada keyboard...kenapa tidak pakai mouse ? kalau anda pakai mouse USB maka paragon nya tidak support jadi mouse PS2 aja yang bisa jalan.

12)setelah itu apply saja trus ketik alt+G lalu pilih exit

13)lalu matikan komputer dengan cara ketik shutdown lalu tekan hurup (s)

14)selamat hardisk anda sudah di format kosong dan virgin " bebas virus" untuk menjadi hardisk kloningan ! :) dan bisa di tumpahkan untuk di isi ibarat air oleh master hardisk nya :)

15)kenapa harus di format2 segala ? , gini cerita nya ... ( kita langsung go ke norton ghost )

16 )nyalakan kembali komputer anda dengan kondisi master hardisk nya tercolok  ke slot SATA nya ( jadi terdapat 2 hardisk di slot sata yaitu HDD master & kloneng )

17)booting hiren boots kembali

18)pilih start from CD

19)sekarang pilih yang nomer 2 ( backup tools ) semula tadi memilih yang nomer 1 kan ( partition tools)

20)pilih norton ghost

21)pilih norton ghost ( normal )

22)tunggu sampai muncul tampilan norton

23)setelah muncul , klik ok saja

24)pilih Local --> disk --> to disk

25)nah sekarang yang terlihat drive yang menyala cuman satu ( yaitu hardiskdrive master ) ,

26)kalau kita tidak mempartisi sebelum nya ... maka ada 2 drive yang menyala sehingga kita bingung dari mana mau kemana hardisk yang akan di kloning ...salah-salah nanti dari drive master ke master yang akan kita kloning sehingga akan buang-buang waktu...

27)kalau yang terbaca di awal norton ghost berarti itu adalah hardisk master , kalau tidak terbaca di awal berarti itu hardisk kloningan ( sebab tadi di hapus melalui partisi )

28)setelah itu klik ok - ok saja sampai nanti ada tampilan gambar besaran hardisk , di tab saja sampai kebawah klik ok .... atau di geser pakai mouse kalau bisa

29)Finally ... hardisk Master anda telah memiliki kloning :D

30)apabila ada salah-salah kata .... CMIIW aja deh ...

hehehe ... good luck ya!kalo bingung tanya aja ! pasti di jawab sedetail-detail nya dan semampu-mampu nya hehehehe...

salam ,


elvinodaffahakim


6 komentar:

  1. dapat ilmu pulang nah kawan :)

    BalasHapus
  2. semoga bermanfaat bagi kita semua ... kalau sudah ada ilmu tolong di sebarkan ilmu nya ya :)

    BalasHapus
  3. sedang saya coba...semoga berhasil, kalau berhasil... wah, luar biasa banget, thanks

    BalasHapus
  4. thats right...
    ma'af saya new bngt gan,, sya mau tanya,buat beli cd Hirenboots 9..itu dimana ya.. :)

    BalasHapus
  5. Cara Dapetin Hati Cewek Gimana ya ?

    BalasHapus

Anda bisa melakukan komentar disini :